MADRASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA OI SUMSEL

AMALIYATU AT-TADRIS MADRASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM SAKATIGA

AMALIYAH TADRIS
                                                                                 
 
      SAKATIGA, 20 APRIL 2016. Santri Kelas XII Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Raudhatul Ulum mulai melaksanakan salah program yang rutin dilakukan oleh setiap santri akhir tahun, Amaliyah Tadris namanya, di masyarakat umum sering disebut Micro Teaching atau Praktikum Mengajar. Namun, ada salah satu nilai plus (added value) Amaliyah Tadris yang sejauh ketahui tidak ada dalam Micro Teaching yang umumnya kita kenal, yaitu terletak pada bahasa pengantar yang digunakan. Bahasa pengantar yang digunakan dalam proses Amaliyah Tadris adalah bahasa Arab dan bahasa Inggris, begitupun yang tertulis dalam I’dad Tadris (Teaching Preparation) atau Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) juga Bahasa Arab dan bahasa Inggris. Bahasa Arab untuk mata pelajaran selain bahasa Inggris, dan bahasa Inggris khusus untuk mata pelajaran bahasa Inggris.
       Meskipun kegiatan ini secara umum dipahami sebagai pembekalan metodologi pengajaran, baik secara teoritis maupun praktis, namun hakikat kegiatan ini bukan bertujuan untuk menjadikan semua santri/alumni Madrasah aliyah RU menjadi guru, kerangka pemahaman semacam ini tentu saja  sangat sempit dan pragmatis, meskipun hal itu tidaklah salah. Akan tetapi, Pondok Pesantren Raudhatul Ulum Sakatiga memiliki idealisme pendidikan yang jauh lebih dari kedua hal tersebut. Idealisme yang dimaksud adalah ghiroh atau spirit yang terkandung dan hendak diraih dari proses Amaliyah Tadris ini. Sedikitnya kami menangkap 4 spirit yang hendak ditransformasi oleh pondok pesantren yaitu:

1. Menumbuhkan kembangkan ghiroh/spirit keguruan
2. Menumbuhkan ghiroh/spirit berbagi ilmu pengetahuan
3. Menumbuhkan ghiroh/spirit Tafaqquh Fil ‘ilmi
4. Mematangkan skill bahasa Arab dan bahasa Inggris

Keempat hal inilah yang kami sebut sebagi “Nilai Intrinsik Amaliyah Tadris”; Nilai-nilai terdalam, idealisme dan spirit yang memiliki kedalaman nilai filosofis . Kelima nilai ini bersifat universal, available dalam ranah profesi apapun, dan selayaknya mengakar dalam setiap jiwa manusia.

Takwil Nilai Intrinsik
       ‘Spirit keguruan’ adalah spirit memberikan tauladan, sebagaimana Ki Hajar Dewantara mengungkapkan bahwa Guru adalah sosok yang pantas digugu dan pantas ditiru. Dengan spirit ini diharapkan setiap alumni Madrasah Aliyah RU mampu memposisikan dirinya sebagai guru dalam kehidupan priibadinya, keluarganya, lingkungan masyarakatnya, lingkungan kerjanya, dan di seluruh lingkungan tempat dia hidup. Sehingga kelak mereka menjadi pribadi yang mampu memancarkan sinar ketauladanan bagi lingkungannya.
    ‘Spirit berbagai ilmu’ adalah komitmen untuk terus berbagi pengetahuan, komitmen untuk terus menyebarkan dan memasyarakatkan ilmu pengetahuan, spirit untuk terus mengajak orang ngeprih ilmu (menuntut ilmu). Dalam kehidupan bermasyarakat, spirit ini penting, karena ilmu adalah perangkat lunak peradaban, masyarakat yang cinta ilmu adalah masyarakat yang berhak merebut peradaban, kemajuan dan kemakmuran. Namun, upaya berbagi ilmu memerlukan  metodologi, strategi dan wawasan agar dalam prosesnya tidak terhambat karena ‘kesalahan cara’ saat berbagi ilmu. Karena itu, Amaliyah Tadris mengajarkan para santri tentang metodologi dan strategi berbagi ilmu (mengajar). Jadi, hakikat dari pengajaran metodologi mengajar dalam Amaliyah Tadris adalah metodologi dan strategi dakwah.
     ‘Spirit Tafaqquh Fil’ ilmi’ adalah spirit untuk terus mendalami ilmu, spirit long life education (belajar sepanjang hayat). Karena untuk dapat berbagi ilmu, seorang yang memiliki spirit berbagi ilmu mesti juga memenuhi dirinya dengan berbagai ilmu pengetahuan, agar nilai dan kebenaran ilmu yang diajarkan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan membawa kebaikan hidup dunia akhirat.
     Skill bahasa Arab dan Inggris santri pun diharapkan akan termatangkan melalui proses amaliyah ini, karena dalam prosesnya absolutely menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Ada 3 ranah yang lebih banyak terasah dalam proses ini, yaitu speaking (kalam) , writing (kitabah), dan listening (simaa’). Para peserta  yang tidak mendapat giliran menjadi Mudarris (pengajar) akan menjadi muntaqid/corrector yang mengasses atau menilai proses mengajar yang dilakukan oleh rekannya. Saat merecord seluruh kegiatan belajar mengajar (KBM) temannya, seorang muntaqid menuliskannya dengan bahasa Arab (untuk materi selain bahasa Inggris) dan dengan bahasa Inggris (untuk materi bahasa Inggris). Setelah proses amaliyah selesai, seorang mudarris akan berkumpul dengan para muntaqid di bawah arahan musyrif (supervisor) untuk merangkum dan mendiskusikan berbagai kesalahan yang terjadi saat proses amaliyah berlangsung. Dalam proses diskusi tersebut bahasa yang digunakan adalah bahasa Arab atau bahasa Inggris. Dengan demikian, tidaklah berlebihan jika dikatakan bahwa Amaliyah Tadris ini akan lebih mematangkan kemampuan bahasa Arab dan Inggris para santri. Penulis pikir kita semua sepakat bahwa bukanlah hal yang mudah untuk mengartikulasikan secara menyeluruh berbagai fakta kesalahan dalam proses belajar mengajar dengan menggunakan bahasa Arab dan Inggris. Maka, dalam kegiatan ini kemampuan bahasa Arab dan Inggris para santri akan tereksplorasi secara mendalam.
                            
 
 
 
 
 
Share this post :

1 komentar:

  1. Black Titanium Wedding bands, wedding ceremony, wedding
    A look at the wedding titanium scooter bars venues mens titanium watches on titanium vs ceramic flat iron TikTok, babyliss pro titanium including the most edge titanium popular in North America. the band that includes the band that includes the red,

    BalasHapus

PAPAN PENGUMUMAN

Berikut ini adalah syarat pendaftaran untuk calon santri/wari baru Pon-Pes Raudhatul Ulum Sakatiga tingkat Madrasah AliyahTahun ajaran 2016/2017
1. Calon santri/wati diantar langsung oleh orang tua/walinya
2. Membayar Uang pendaftaran dan mengikuti Tes
3. Mengikuti tes tertulis dan wawancara santri/wati baru
4. Mengisi Formulir pendaftaran dan surat penjanjian yang telah disediakan
5. Menyerahkan berkas administrasi berupa:
a. Photo copy Ijazah dan SKHUN terakhir (Masing- masing 4 lembar)
b. Photo copy Legalisir raport semester terakhir (4 Lembar)
c. Surat keterangan sehat dan bebas Narkoba dari dokter
d. Pas Photo warna 3x4 & 4x6 , untuk putri berjilbab (masing-masing 4 lembar)
e. Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
f. Photo copy Akte kelahiran, KK, dan KTP orang tua (masing-masing 4 lembar)
g. Map Business file (Putra merah & Putri Biru)




DOWNLOAD BROSUR

Statistik Blog

 
di Share Oleh : MARU | MARU | MrUmam
Copyright © 2016. MADRASAH ALIYAH RAUDHATUL ULUM - All Rights Reserved
Template by Chairul Umam Modified by Chairul Umam
Proudly powered by Blogger